March 10, 2018 Batari

Dewasa ini, laptop telah menjadi sebuah barang elektronik yang wajib dimiliki oleh semua orang. Didesain untuk kerja portable, laptop menjadi salah satu barang penting yang hampir dimiliki oleh semua orang. Bukan hanya anak sekolah atau mahasiswa, para pekerja, orang tua, bahkan ibu rumah tangga juga memiliki laptop yang digunakan untuk berbagai macam kebutuhan mulai dari pekerjaan, kebutuhan pribadi, dan juga hal lainnya.

Untuk itu, banyak orang tertarik untuk memiliki laptop yang dapat membantu kehidupan mereka. Karena banyaknya laptop yang muncul dari beragam merek, spesifikasi dan juga hal lainnya, orang-orang seringkali bingung dalam memilih laptop yang pas bagi mereka.

Ketahui kebutuhan Anda lebih dulu

Sebelum membeli laptop, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui lebih dulu. Sebuah barang tentunya memiliki fungsi penting. Untuk laptop, barang ini bisa dibilang multi-fungsi karena bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari entertainment, pekerjaan, dan juga hal lainnya. Dalam hal ini, ada beberapa kebutuhan mendasar yang biasanya mendorong orang untuk membeli laptop.

  • Kebutuhan pekerjaan atau studi

Jika dilihat, kebutuhan pekerjaan dan juga studi biasanya hanya membutuhkan spesifikasi yang simple. Biasanya, baik laptop untuk bekerja maupun studi membutuhkan beberapa program mulai dari Microsoft Office, aplikasi untuk internet, dan juga program simple lainnya.

laptop kerja

Untuk itu, banyak orang lebih memilih Netbook atau versi kecil dari laptop dimana, lebih murah dan juga memiliki lebih kecil dan ringan untuk di bawa kemana-mana. Biasanya, para karyawan, mahasiswa atau seorang murid sekolah lebih memilih sebuah laptop kecil dengan spesifikasi yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan mereka untuk presentasi atau mengerjakan tugas baik dari kantor maupun tugas kuliah/sekolah.

  • Desain dan Game

Banyak orang biasanya membedakan kebutuhan desain dan game. Misalnya untuk bermain game secara online dan real time. Situs judi bola online biasanya memiliki grafis yang luar biasa. Untuk itulah, baik desain dan game sebenarnya membutuhkan hal yang sama yakni, spesifikasi yang mumpuni. Biasanya, baik laptop untuk desain maupun game membutuhkan VGA , prosesor serta RAM yang mumpuni untuk menunjang kebutuhan program game atau desain yang biasanya memakan RAM dan juga VGA yang besar.

laptop desain

Untuk itu, setiap orang biasanya lebih memilih untuk menggunakan PC. Namun, Laptop juga bisa mengakomodir kebutuhan mereka asalkan, mereka bisa mendapatkan laptop yang tepat.

Tips memilih laptop secara tepat

Setelah membaca uraian diatas, Anda tentunya lebih paham mengenai apa yang Anda butuhkan. Untuk itu, berikut beberapa tips yang perlu diketahui untuk mendapatkan laptop yang tepat.

  • Cek spesifikasi laptop

Dalam memilih sebuah laptop, alangkah baiknya Anda memilih RAM, VGA, dan prosesor yang sudah canggih dan terbaru.

laptop belajar

Hal ini memang membutuhkan harga lebih mahal tapi, bisa digunakan dalam waktu yang sangat lama. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan laptop untuk banyak keperluan dan bukan hanya untuk keperluan awal yang Anda butuhkan.

  • Cek fitur laptop

Setiap laptop biasanya memiliki fitur penting baik itu fitur kipas yang lebih canggih, fitur baterei yang lebih hemat dan juga save energy. Dalam hal ini, pastikan Anda memilih laptop dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya, fitur-fitur tersebut akan tercatat di bagian laptop ataupun bagian dus penyimpanan laptop.

  • Cek garansi laptop

Yang terakhir, pastikan Anda mendapatkan laptop dengan garansi yang sesuai.

laptop game

Garansi menjadi hal penting yang dapat menjamin hal-hal yang tidak diinginkan misalnya, laptop rusak atau tidak sesuai dengan apa yang digambarkan sehingga, hal ini menjamin uang Anda tetap aman jika seandainya terjadi hal yang tidak semestinya.

 

March 5, 2018 Batari

Penerangan rumah tidak akan lepas dari yang namanya lampu bohlam namun lampu bohlam seringkali tidak diperhatikan oleh penghuni rumah karena kalah dengan barang elektronik lain seperti AC, kulkas, dan TV.

Padahal jika lebih mengenal jenis lampu bohlam dan plus-minusnya, Anda akan diuntungkan karena kualitas dan keawetan lampu tersebut lebih terjamin.

Mengapa Harus Mengetahui Jenis Bohlam dan Plus-Minusnya?

Pengetahuan semacam ini sangat penting karena lampu bohlam memiliki berbagai jenis yang harus disesuaikan dengan kebutuhan penerangan rumah Anda. Lampu bohlam yang dibeli asal-asalan atau tanpa memperhatikan jenisnya akan memberikan kerugian seperti cahaya yang tidak terang, cepat mati, menyebabkan terjadinya konsleting yang dapat memicu kebakaran, dan bahkan bisa menyedot biaya listrik lebih banyak.

Jenis Lampu Pijar dan Plus-Minusnya

  1. Lampu Pijar (Incandenscent Lamp)

Lampu pijar memancarkan cahaya apabila ada aliran arus listrik yang melewati filamen kawat pijar di dalam lampu tersebut. Kemudian, arus listrik yang mengalir tersebut perlahan memanasi filamen sehingga memicu keluarnya pancaran cahaya. Lampu pijar atau lampu DOP merupakan temuan pertama Thomas Alva Edison yang cara kerjanya dengan menghubungkan singkat listrik fi filamen karbon.

lampu pijar

Jenis lampu ini memiliki daya tahan yang cukup lama yaitu kurang lebih 1000 jam. Namun, sinar lampu pijar hanya sekitar 15 % dan selebihnya merupakan sinar infra merah yang membuat suhu ruangan menjadi panas. Selain itu, kawat filamen lampu pijar sangat tipis sehingga rentan putus apalagi jika sering terjadi lonjakan listrik.

  1. Lampu Halogen

Sebenarnya, lampu halogen masih satu jenis dengan lampu pijar. Dapat dikatakan bahwa lampu halogen merupakan penyempurnaan dari lampu pijar. Lampu halogen mengatasi permasalahan lampu pijar dalam hal ukuran fisik dan struktur lampunya. Oleh karena itu, lampu halogen menggunakan tabung kaca kuarsa. Tabung kaca ini membuat permukaan tidak menghitam ketika pancaran sinar menguat.

lampu halogen

Selain itu, adanya penambahan gas golongan halogen pada lampu pijar tersebut membuat daya tahan lampu ini lebih awet dua kali lipat dibandingkan dengan lampu pijar biasa. Selain itu, sinar yang dihasilkan lampu halogen lebih terang karena mampu mengemban panas lebih banyak. Lampu halogen ini lebih cocok untuk lampu sorot dengan satu titik fokus.

Jenis Lampu Bohlam Lain dan Plus-Minusnya

  1. Lampu Neon (Compact Fluorescent Lamp)

Jenis penerangan selanjutnya yaitu lampu neon yang terkenal akan pancaran sinar terangnya. Lampu neon atau TL atau Floresen ini menggunakan gas flour sebagai sumber untuk memancarkan cahaya. Gas flour ini dimunculkan karena adanya arus listrik yang yang memenuhi tabung lampu sehingga menghasilkan sinar ultraviolet yang bercampur dengan zat lain untuk memacarkan cahaya.

lampu neon

Lampu neon memiliki sinar yang lebih terang dibandingkan lampu pijar sehingga banyak dipilih. Pancaran sinar yang kuat membuat lampu ini cocok digunakan untuk ruangan luas seperti aula, toko, atau pun supermarket. Namun, pancaran sinar ultraviolet dari lampu ini bisa membawa efek buruk bagi mata dan kulit apabila terpapar secara langsung dalam jangka waktu lama.

  1. Lampu LED

Jenis lampu memang memiliki sumber cahaya yang bervariasi seperti halnya lampu LED ini. Lampu LED menghasilkan cahaya yang berasal dari beberapa rangkaian semi konduktor yang disebut dengan Ligh Emitting Diode (LED). Itulah mengapa dinamakan lampu LED. Rangkaian semi konduktor ini akan menghasilkan pancaran sinar ketika dialiri arus listrik, dan sinarnya cenderung agak redup.

lampu led

Lampu LED digunakan untuk rumah tangga, dipasang di gadget, dan sebagai lampu indikator. Karena sinarnya yang redup, lampu LED tidak cocok untuk menerangi ruangan luas. Namun, lampu LED ini menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki lampu neon dan lampu pijar. Lampu LED memiliki keunggulan dalam hal penghematan energi dan keawetan yang sangat lama.

 

 

March 1, 2018 Batari

Saat ini microwave hampir memenuhi dapur-dapur rumah di Indonesia. Peralatan dapur ini pun dapat membantu proses memasak seseorang lebih modern. Pada umumnya jenis microwave dibagi menjadi dua yaitu microwave basic dan  grill. Hadir dari beragam merk, tentu membuat anda memiliki pilihan yang banyak untuk membawa pulang satu produk microwave.

Walaupun kedengarannya membeli microwave mudah, namun ada beberapa orang yang mengalami kesalahan dalam pemilihan microwave. Untuk anda yang saat ini berencana untuk membeli microwave sebaiknya memperhatikan tips-tips memilih microwave yang baik dan benar sehingga anda dapat berhati-hati serta tidak akan mendapatkan kekecewa di akhir.

Tips-tips memilih Microwave

  1. Menentukan Jenis Microwave

Hal paling utama yang harus anda lakukan adalah memilih jenis microwave apa yang akan dipilih. Ada dua jenis microwave saat ini yaitu basic dan grill microwave yang cocok untuk digunakan untuk memudahkan anda memasak.

microwave

Dan jika anda menggunakan microwave hanya untuk memanaskan makanan, basic microwave bisa dipilih.  Oleh karena itu sebelum anda memutuskan untuk membeli microwave, anda harus menentukan terlebih dahulu apa tujuan anda membeli microwave. Harga dari microwave pun beraneka ragam.

Anda dapat mencari tahu harganya melalui website dari penyedia microwave atau bertanya langsung ke toko microwave.

  1. Menentukan Ukuran Microwave

Tips membeli microwave selanjutnya adalah menentukan ukuran microwave. Bila anda terbiasa memanaskan atau memasak makanan didalam microwave menggunakan wadah yang besar untuk menghemat waktu maka microwave dengan ukuran besar adalah pilihan yang pas.

microwave grill

Namun, semakin besar ukuran microwave yang akan dibeli maka biaya listrik juga akan semakin besar. Oleh sebab itu, ada baiknya anda membeli microwave sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Memperhatikan Daya Listrik

Daya listrik yang digunakan untuk microwave akan lebih besar dibandingkan dengan jenis peralatan dapur lainnya. Sebelum melakukan pembelian, anda harus menyesuaikan apakah microwave yang akan dibeli dapat digunakan dengan daya listrik yang ada dirumah anda? Jika tidak anda dapat membeli microwave yang ukuran kecil saja.

  1. Melihat Fitur yang Diberikan dari Microwave

Membingungkan memang dalam memilih produk-produk dapur tak terkecuali dengan microwave. Saat ini microwave pun dihadirkan dari berbagai macam merk. Setiap merk tersebut pun berlomba-lomba untuk menghadirkan microwave yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan modern.

microwave basic

Tentunya fitur canggih dan modern mengharuskan anda untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Semakin berkualitas produk microwave maka harganya akan semakin menanjak naik. Lebih baik anda menyesuaikan dengan dana yang anda miliki dan tidak memaksakan untuk membeli microwave yang super canggih.

  1. Keamanan yang Ditawarkan Dari Microwave

Memilih microwave yang aman bisa disebut gampang-gampang susah. Microwave yang baik haruslah microwave yang tidak membahayakan penggunanya. Bagi anda yang memiliki anak, akan lebih baik meletakkan microwave jauh dari jangkauan mereka agar mereka tidak menyalahgunakan microwave.

  1. Memiliki Garansi dari Penyedia Microwave

Tips selanjutnya yang dapat anda terapkan adalah memastikan jika microwave yang anda beli memiliki penjelasan produk yang jelas dan memiliki garansi sehingga bila produk tersebut tidak sesuai, anda bisa mendapatkan uang anda kembali. Jika, toko penjual microwave memberikan kartu garansi, sebaiknya anda dapat menyimpannya dengan baik.

garansi

Hal ini karena untuk memudahkan anda dalam melakukan klaim ketidaksesuaian microwave dan prosesnya dapat berjalan dengan cepat.

  1. Memilih Microwave yang Mudah Dibersihkan

Langkah terakhir adalah memilih microwave yang mudah dibersihkan agar tak membutuhkan waktu lama. Selain itu, anda harus mempertimbangkan produk microwave yang memiliki keawetan lama.